Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Republik Kongo dan Afrika Selatan akan Bentuk Pakta Keamanan Bersama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 19:46 WIB
Republik Kongo dan Afrika Selatan akan Bentuk Pakta Keamanan Bersama
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dan Presiden Kongo, Felix Tshisekedi bertemu di ibu kota Kinshasa pada Jumat, 7 Juli 2023/Net
rmol news logo Sebuah pakta keamanan bersama tengah direncanakan oleh pemerintah Republik Kongo dan Afrika Selatan, di tengah lonjakan kekerasan yang dilakukan oleh pemberontak di wilayah Timur.

Hal itu diungkap oleh Presiden Kongo Felix Tshisekedi selama pertemuannya dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, di ibu kota Kinshasa pada Jumat (7/7).

Tshisekedi mengatakan, pemerintah kedua negara saat ini berada dalam beberapa kesepakatan, utamanya saling mendukung dalam bidang pertahanan.

"Kesepakatan itu bisa berbentuk pakta pertahanan bersama. Kami akan tahu lebih banyak dalam beberapa hari atau minggu mendatang," ungkapnya, seperti dimuat African News.

Sementara itu, Ramaphosa menyatakan komitmennya untuk membantu memerangi pemberontak dan mengentaskan kemiskinan di Kongo.

"Kami bersedia, siap dan selalu siap mendukung Kongo seperti yang telah kami lakukan di masa lalu dan kami akan terus melakukannya," ujar Ramaphosa.

Selama tiga dekade terakhir, wilayah Kongo Timur telah dilanda oleh pemberontakan yang dilakukan kelompok bersenjata M23.

Militan M23 yang dipimpin Tutsi muncul kembali tahun 2021 lalu. Hingga kini kelompok itu telah merebut sebagian besar wilayah Kongo Timur dan membuat sekitar satu juta orang mengungsi.

Kongo berulang kali menuduh Rwanda mendukung M23. Namun mendapat bantahan dari Kigali. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA