Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi Sambut Baik Pemulihan Hubungan Turkiye dan Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 05 Juli 2023, 13:34 WIB
Arab Saudi Sambut Baik Pemulihan Hubungan Turkiye dan Mesir
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemulihan hubungan diplomatik antara Mesir dan Turkiye telah disambut baik oleh Arab Saudi, pada Selasa (4/7).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi memuji perkembangan positif yang terjadi antara kedua negara itu, setelah hubungan mereka sempat menegang selama satu dekade.

Hal tersebut disampaikan Riyadh, setelah Ankara dan Kairo mengumumkan pertukaran duta besar mereka ke masing-masing negara, sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral.

"Langkah ini akan berdampak positif pada peningkatan keamanan dan perdamaian regional dan internasional dan melayani kepentingan bersama dengan cara yang mencapai aspirasi negara dan orang-orang di kawasan ini,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian tersebut.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (5/7), hubungan antara Turkiye dan Mesir diketahui telah putus sejak 2013 lalu, setelah panglima militer Mesir Abdel Fattah al-Sisi menggulingkan Presiden Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin, sekutu Ankara.

Saat itu, Mesir mengusir duta besar Turki dan menuduh Ankara telah mendukung kelompok Islam militan, yang bertekad merusak negara. Turkiye yang tidak terima atas tuduhan itu mulai menarik utusannya. Sejak saat itu kedua negara tidak lagi memiliki duta besar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA