Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Iduladha, OKI Desak Gencatan Senjata di Sudan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 23 Juni 2023, 14:07 WIB
Jelang Iduladha, OKI Desak Gencatan Senjata di Sudan
Representative Image/Net
rmol news logo Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mendesak pihak-pihak yang bertikai di Sudan untuk meletakkan senjatanya menjelang Hari Raya Iduladha.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal OKI, Hissein Brahim Taha, dalam pernyataannya pada Kamis (22/6).

"OKI mengimbau semua pihak yang bertikai di Sudan untuk bekerja menuju gencatan senjata yang komprehensif dan mengakhiri segala bentuk kekerasan dan pertempuran," ujarnya, seperti dimuat Anadolu Agency.

Selain itu, dalam pernyataan tersebut, Taha juga mendesak militer Sudan dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) yang bertikai untuk mengizinkan organisasi bantuan kemanusiaan menjalankan tugasnya di seluruh penjuru negaranya itu.

Dalam upaya tersebut, OKI meminta kepada semua aktor regional dan internasional untuk mendukung upaya Gencatan menjelang Hari Raya Kurban yang menjadi hari raya penting bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk Sudan.

Pertempuran antara Angkatan Darat Sudan dan RSF telah terjadi sejak pertengahan April lalu, yang menewaskan dan melukai ribuan warga sipil.

Beberapa inisiatif gencatan senjata sebelumnya telah diumumkan dalam beberapa bulan terakhir. Namun, pihak yang bertikai saling menuduh telah melanggar perjanjian gencatan senjata tersebut, yang membuat mereka menangguhkan kesepakatan itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA