Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu RI: Pertamina Siap Akuisisi Saham Mayoritas di Operasi Blok Teluk Mnazi, Tanzania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 17:37 WIB
Menlu RI: Pertamina Siap Akuisisi Saham Mayoritas di Operasi Blok Teluk Mnazi, Tanzania
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi selama konferensi pers bersama di kantor Kementerian Luar Negeri di Jalan Pejambon No. 6 Jakarta Pusat pada Kamis, 22 Juni 2023/Repro
rmol news logo Upaya peningkatan kerja sama ekonomi menjadi salah satu bahasan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan rekannya dari Tanzania, Stergomena Tax di kantor Kementerian Luar Negeri di Jalan Pejambon No. 6 Jakarta Pusat pada Kamis (22/6).

Dalam konferensi pers bersama, Menlu RI mengumumkan rencana Pertamina dalam mengakusisi saham mayoritas di operasi Blok Teluk Mnazi, Tanzania.

"Perusahaan milik negara kami, Pertamina, juga berupaya memperluas kehadirannya dan mengakuisisi saham mayoritas di operasi Mnazi Bay Bloc melalui anak perusahaannya, Maurel dan Prom," kata Menlu Retno.

Selain itu, Retno juga menyebut PT Indesso Aroma berencana memperluas Field Distillation Unit di Zanzibar dan dataran Tanga.

"Kami membahas cara agar bisa meningkatkan kerja sama investasi Indonesia di Tanzania. Saya yakin ini juga akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian kita," ungkapnya.

Di bidang perdagangan, Menlu RI mencatat tren prositif dengan peningkatan signifikan sebesar 50 persen dalam kurun waktu empat tahun.

"Dari 2019 hingga 2022, perdagangan Indonesia dengan Tanzania mencapai lebih dari 340 juta dolar AS," kata Retno.

Melihat perkembangan tersebut, kata Retno, Indonesia berencana mengekspor beberapa barang lain seperti ban karet, pupuk, makanan dan minuman ke Tanzania.

Lebih konkret lagi, Menlu mengatakan kedua negara sepakat untuk menjajaki kemungkinan pembentukan menjajaki kemungkinan pembentukan Preferential Trade Agreement.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA