Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laksanakan Nota Kesepahaman, Pertamina Berikan Pelatihan SDM Tanzania Petroleum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 15 Januari 2024, 15:41 WIB
Laksanakan Nota Kesepahaman, Pertamina Berikan Pelatihan SDM Tanzania Petroleum
PT Pertamina (Persero) dan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) menjalankan program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)/Ist
rmol news logo PT Pertamina (Persero) dan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) menjalankan program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung bisnis berkelanjutan antar kedua negara.

Program tersebut, merupakan bagian dari Nota Kesepahaman kedua perusahaan tersebut, yang disepakati dalam kunjungan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati ke Tanzania pada Agustus 2023.

Nota Kesepahaman Pertamina dengan TPDC berlangsung di bidang eksplorasi dan produksi hulu serta hilir migas di wilayah Tanzania.

Komitmen ini menandai dimulainya kerja sama Pertamina di Tanzania untuk peningkatan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh value chain minyak mentah, serta menilik potensi kerja sama dalam bidang migas di Tanzania, termasuk eksplorasi dan produksi serta pipanisasi migas.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina melalui PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) menggelar Pre Capacity Building dan Capacity Building bagi pekerja TPDC bersama Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI).

Pada batch pertama, sebanyak 5 (lima) pekerja Tanzania mendapatkan induction untuk upskilling kapasitas SDM yang akan dilakukan mulai pertengahan Januari hingga April 2024.

Secara total, kata Fadjar, upskilling ini akan diikuti oleh 100 orang peserta yang akan datang ke Indonesia dalam beberapa batch. Selain pemahaman tentang industri migas, para peserta juga akan dikenalkan dengan budaya Indonesia.

"Sebagai bagian dari MOU, upskilling ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas SDM sehingga bisa mendukung kerja sama bisnis yang berkelanjutan di masa depan," ujar Fadjar dalam keterangan tertulis, Senin (15/1).

Sementara itu, Direktur Eksplorasi TPDC, Kenneth M. Mutaonga menambahkan, pihaknya mengapresiasi kerja sama antara Pertamina dan TPDC dalam hal pengembangan SDM.

“Pertamina telah menyambut kami dan mempersiapkan agenda Capacity Building ini. Saya yakin, Pertamina dengan organisasi yang begitu besar, menjadi inspirasi bagi TPDC," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA