Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Pertemuan Bilateral, Indonesia dan Iran Teken Kerja Sama Perdagangan PTA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 24 Mei 2023, 10:22 WIB
Gelar Pertemuan Bilateral, Indonesia dan Iran Teken Kerja Sama Perdagangan PTA
Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi dan Presiden RI, Joko Widodo selama konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 23 Mei 2023/Net
rmol news logo Dalam upaya meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral, Iran dan Indonesia sepakat menandatangani Preferential Trade Agreement (PTA).

Penandatangan itu dilangsungkan bersamaan dengan kunjungan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi yang disambut hangat oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (23/5).

Dalam konferensi pers usai pertemuan, Jokowi mengungkap bahwa kedua negara membahas berbagai isu global dan kerja sama bilateral. Salah satunya adalah penandatanganan PTA.

"Terkait ekonomi, Indonesia dan Iran telah menandatangani Preferential Trade Agreement (PTA),” ungkap Jokowi.

Jokowi berharap kesepakatan yang telah dicapai tersebut dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan volume perdagangan dua negara.

"Semoga ini dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran,” kata Jokowi.

Dijelaskan bahwa penandatanganan PTA tersebut dilakukan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian dan diperlihatkan di hadapan kedua pemimpin.

Kunjungan kenegaraan Presiden Raisi ke Indonesia merupakan yang pertama sejak dilantik sebagai presiden Iran kedelapan pada 3 Agustus 2021 lalu.

Adapun pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada Desember 2016 ketika Jokowi mengunjungi Iran.

Kunjungan Presiden Iran di Indonesia akan berlangsung hingga Rabu (24/5).

Usai melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi, Raisi dijadwalkan bertemu Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, serta berkunjung ke Masjid Istiqlal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA