Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di New Delhi, Ratusan Peziarah Pakistan Hadiri Urs ke-719 Tokoh Sufi Hazrat Amir Khusro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Mei 2023, 07:46 WIB
Di New Delhi, Ratusan Peziarah Pakistan Hadiri Urs ke-719 Tokoh Sufi Hazrat Amir Khusro
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebanyak 104 peziarah asal Pakistan mengunjungi makam Hazrat Amir Khusro (RA) di New Delhi untuk merayakan Urs ke-719 tokoh sufi, penyair, sekaligus penulis prosa yang produktif dari abad ke-13 dan abad ke-14 Masehi itu.
 
Dikutip dari Ani News, kedatangan para peziarah yang didampingi Kuasa Usaha Pakistan untuk India Salman Sharif pada Senin (8/5) disambut Sajjadah Nasheen Dewan Tahir Nizami. Anggota Komite Dargah lainnya juga hadir dalam kesempatan itu.  

Setelah meletakkan chaddar tradisional di makam Hazrat Amir Khusro, para peziarah kemudian memanjatkan doa untuk kesejahteraan Pakistan juga Umat Muslim India dan di seluruh Dunia.

Berbicara pada kesempatan tersebut, Salman Sharif menyoroti peran penting para sufi suci dalam menyebarkan pesan perdamaian, cinta, harmoni dan toleransi di wilayah tersebut.

Hazrat Amir Khusro (RA), seorang murid spiritual Hazrat Nizamuddin Aulia, terkenal dengan kecintaannya pada kemanusiaan, sebagai sarana untuk mewujudkan cinta dengan Sang Pencipta dan memiliki pengikut yang setia di seluruh Asia Selatan, termasuk Pakistan.  

Setiap tahun para pemujanya muncul dalam jumlah besar dari seluruh dunia untuk menghadiri acara tahunan Urs.

Kunjungan peziarah Pakistan tercakup dalam kerangka protokol India-Pakistan tahun 1974 tentang kunjungan ke tempat-tempat suci keagamaan. Kunjungan sempat terhenti pada tahun 2020 dan 2021 karena pembatasan virus corona dan dilanjutkan kembali pada 2022. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA