Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemilu, Panglima Militer Thailand Berjanji Tidak akan Ada Kudeta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 19:40 WIB
Jelang Pemilu, Panglima Militer Thailand Berjanji Tidak akan Ada Kudeta
Panglima militer Thailand, Jenderal Narongpan Jitkaewthae/Net
rmol news logo Menjelang pemilu yang akan diadakan di Thailand pada akhir pekan ini, panglima militer Jenderal Narongpan Jitkaewthae berjanji tidak akan ada lagi kudeta.

Komitmen Jenderal Jitkaewthae itu disampaikan pada Jumat (12/5), di tengah banyaknya kekhawatiran bahwa partai yang didukung oleh militer akan menerima kekalahan telaknya dan melakukan kudeta.

Namun jenderal itu telah memastikan kekuasaan militer tidak akan kembali di negara itu, meskipun tentara telah merebut kekuasaan sebanyak belasan kali di Thailand dalam satu abad terakhir, terakhir pada tahun 2014 lalu.

“Seharusnya tidak ada (kudeta) lagi. Bagi saya, kata ini harus dihapus dari kamus,” ujarnya.

Ia menggambarkan bahwa kudeta di masa lalu sangat negatif dan tidak ingin diulang kembali.

Seperti dimuat Malaymail, dalam jajak pendapat, partai Pheu Thai yang digawangi oleh putri dari mantan PM Thaksin Shinawatra lebih unggul daripada partai aliran konservatif yang didukung penuh militer dan PM Prayut Chan-O-cha.

Akan tetapi, meski selalu unggul dalam jajak pendapat, dan dapat merebut kursi mayoritas di majelis rendah, calon Pheu Thai belum tentu dapat menduduki kursi PM.

Dalam pemilu yang akan berlangsung Minggu (14/5), penentuan orang nomor satu di Thailand diputuskan lewat pemungutan suara oleh 500 anggota parlemen dan 250 anggota senat, yang mayoritas anggota senat ditunjuk oleh junta yang mendukung Prayut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA