Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawa Misi Ekonomi, Presiden Iran Ebrahim Raisi akan Kunjungi Suriah Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 April 2023, 08:16 WIB
Bawa Misi Ekonomi, Presiden Iran Ebrahim Raisi akan Kunjungi Suriah Pekan Ini
Presiden Iran Ebrahim Raisi /Net
rmol news logo Jika tak berubah dari jadwal, Damaskus akan menerima kunjungan Presiden Iran Ebrahim Raisi pekan depan. Itu adalah kunjungan pertama ke Suriah oleh seorang pemimpin Iran sejak perang saudara pecah di negara itu pada 2011.

Iran bersama Rusia memiliki jasa besar dalam hal ekonomi dan militer untuk membantu Presiden Suriah Bashar Al Assad membalikkan kekalahan awal dari kelompok pemberontak dan mendapatkan kembali kendali atas sebagian besar negara.

Mengutip harian Suriah Al Watan, The National melaporkan pada Jumat (28/4), bahwa kunjungan Raisi akan berlangsung selama dua hari, yang akan dibatasi oleh serangkaian kesepakatan, khususnya kerja sama ekonomi.

Seorang sumber regional senior yang dekat dengan pemerintah Suriah mengatakan kepada Reuters bahwa hubungan yang menghangat baru-baru ini antara Arab Saudi dan Iran, serta berkurangnya isolasi Suriah oleh sesama negara Arab, telah membuka jalan bagi kunjungan tersebut.

Sebelumnya Suriah telah menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan awal bulan ini dalam perjalanan pertama sejak sebelum perang saudara dimulai, sementara para menteri dari negara-negara Dewan Kerjasama Teluk lainnya juga bertemu untuk membahas potensi kembalinya Suriah ke Liga Arab.

Selain dukungan militer, Iran telah memberikan jalur kredit ke Damaskus dan mengimpor fosfat dari tambang Suriah.

Bulan ini, sumber-sumber regional mengungkapkan bahwa Iran diam-diam telah membawa peralatan militer ke Suriah dengan menyamarkan pengiriman tersebut sebagai bagian dari upaya bantuan setelah gempa bumi Februari yang menghancurkan di Suriah dan Turki. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA