Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Meksiko: Militer Kami jadi Sasaran Mata-mata Pentagon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 19 April 2023, 09:08 WIB
Presiden Meksiko: Militer Kami jadi Sasaran Mata-mata Pentagon
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador/Net
rmol news logo Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menuduh Pentagon telah memata-matai pemerintahan dan militernya setelah muncul laporan terkait kebocoran catatan rahasia Amerika Serikat (AS) secara online.

Beberapa hari lalu, The Washington Post mengungkap kebocoran catatn militer AS terkait ketegangan antara Angkatan Laut Meksiko dan Angkatan Darat Amerika.

Namun The Washington Post dalam laporannya tidak menyebut indikasi bahwa dokumen yang dikutip berasal dari penyadapan komunikasi pejabat Meksiko.

Terlepas dari itu, Obrador pada Selasa (18/4) memerintahkan pengetatan informasi militer demi melindungi keamanan nasional. Ia juga menyebut kebocoran catatan rahasia AS sebagai tindakan kriminal yang disengaja.

“Kami sekarang akan mengamankan informasi dari Angkatan Laut dan Kementerian Pertahanan, karena kami menjadi sasaran mata-mata Pentagon,” kata Obrador dalam konferensi pers hariannya, seperti dikutip Reuters.

Sehari sebelumnya, Senin (17/4), Obrador mengatakan tidak berencana untuk menegur AS terkait tindakan intelijen tersebut. Namun ia akan membahas syarat kerja kolaborasi suatu saat dengan Washington.

Obrador sendiri berada di bawah tekanan untuk meminta pertanggungjawaban militer atas dugaan pelanggaran selama bertahun-tahun, termasuk penghilangan dan pembunuhan. Meski begitu, dia telah meningkatkan peran tentara dalam keamanan publik dan berusaha menempatkan Garda Nasional, sebuah pasukan polisi militer, di bawah kendali Angkatan Darat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA