Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Peru dan Pedro Castillo Terjerat Kasus Pencucian Uang Saat Pilpres 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 29 Maret 2023, 15:59 WIB
Presiden Peru dan Pedro Castillo Terjerat Kasus Pencucian Uang Saat Pilpres 2021
Mantan Presiden Peru, Pedro Castillo dan Presiden Dina Boluarte/Net
rmol news logo Presiden Peru Dina Boluarte dan pendahulunya, mantan presiden Pedro Castillo, dilaporkan terlibat kasus pencucian uang selama kampanye Pilpres 2021.

Penyelidikan terhadap Boluarte dan Castillo dibuka oleh Kejaksaan Peru pada Selasa (28/3).

"Tuduhan melakukan kejahatan ini terjadi selama kampanye pemilihan (dari partai) Peru Libre," kata kantor jaksa agung, merujuk pada partai yang membawa Castillo ke kursi kepresidenan.

Dimuat Reuters Rabu (29/3), investigasi tersebut diluncurkan setelah mantan penasihat Castillo mengungkap kepada media bahwa ia membiayai sebagian besar kampanye kepresidenan Castillo pada 2021 lalu, serta perjalanan Boluarte ketika dia mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Castillo yang dicopot dari jabatannya pada Desember lalu karena berusaha membubarkan kongres, belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait tuduhan tersebut hingga saat ini.

Sementara Boluarte telah membantah melakukan kampanye ilegal. Pihaknya mengatakan bahwa tuduhan korupsi merupakan manuver politik, yang berusaha untuk melemahkan dan menjatuhkan pemerintahannya.

Saat ini Boluarte juga tengah diselidiki atas keterlibatannya dalam kematian pengunjuk rasa yang bentrok dengan pasukan keamanan yang terjadi setelah ia baru menjabat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA