Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lama Diasingkan, Suriah Kemungkinan Bisa Gabung Lagi ke Liga Arab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 18:22 WIB
Lama Diasingkan, Suriah Kemungkinan Bisa Gabung Lagi ke Liga Arab
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan/Net
rmol news logo Setelah lebih dari satu dekade diasingkan, Suriah kini memiliki kemungkinan untuk dapat bergabung lagi dengan Liga Arab.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, menyebut isolasi bukan lagi metode yang tepat untuk menghadapi situasi di Damaskus. Alih-alih ia menekankan dialog damai yang saat ini lebih diperlukan.

“Keterlibatan bersama untuk mengatasi masalah ini diperlukan. Dan itu mungkin pada akhirnya mengarah ke Suriah kembali ke Liga Arab. Tapi untuk saat ini, saya pikir masih terlalu dini untuk membahasnya,” ujarnya, seperti dimuat Al Arabiya, Rabu (8/3).

Liga Arab menangguhkan keanggotaan Suriah pada 2011 lalu, seiring dengan banyak negara Arab yang menarik utusannya dari Damaskus lantaran konflik yang meluas, di samping tindakan keras dari Presiden Bashar Al Assad.

Tetapi sejauh ini Assad dinilai telah mencair. Ia secara terbuka membuka jalan untuk memperbaiki hubungan dengan negara-negara Arab, khususnya setelah Damaskus menerima banyak dukungan dan bantuan kemanusiaan selama bencana gempa.

Meski pembicaraan mengenai kembalinya Suriah ke Liga Arab dikatakan masih sangat jauh, namun Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumah KTT Liga Arab pada 2023, sedang mempertimbangkan konsensus dan langkah-langkah untuk membangun hubungannya kembali dengan Suriah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA