Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Szijjarto Desak Kyiv Hentikan Pelecehan dan Provokasi terhadap Minoritas Hongaria di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 Maret 2023, 06:32 WIB
Szijjarto Desak Kyiv Hentikan Pelecehan dan Provokasi terhadap Minoritas Hongaria di Ukraina
Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto/Net
rmol news logo Hongaria telah berkomitmen akan membantu Ukraina dalam operasi kemanusiaan, terutama membantu pengungsi Ukraina di tengah perangnya dengan Rusia.

Namun, sementara bantuan tersebut berjalan, sekelompok masyarakat Ukraina masih saja melakukan pelecehan dan provokasi terhadap etnis Hongaria di Sub-Carpathia, yang dikenal sebagai anti-Hongaria di Ukraina.

Dalam pertemuan parlemen pada Senin (6/3), Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto menyesalkan tindakan itu. Mengecam Ukraina agar berhenti melanggar hak-hak etnis Hongaria di Sub-Carpathia, seperti dikutip dari TASS.  

Minoritas Hongaria di wilayah Sub-Carpathia Ukraina menjadi sasaran pelecehan dan provokasi, menurut Szijjarto.

"Sebanyak 1.247 sekolah dan taman kanak-kanak Hongaria telah mendaftarkan anak-anak pengungsi Ukraina. Sementara, sekolah untuk minoritas Hongaria di Ukraina akan ditutup mulai September," kata Szijjarto, menunjukkan kekecewaannya atas 'ketidakadilan' tersebut.

Dengan ditutupnya sekolah untuk minoritas Hongaria, maka Hongaria Sub-Carpathia akan kehilangan kesempatan untuk lulus dari sekolah menengah atau universitas yang memiliki kelas 'bahasa ibu' mereka.

"Hongaria akan menggunakan semua forum internasional untuk membantu rakyat Hongaria di Sub-Carpathia untuk memulihkan hak-hak mereka," kata Szijjarto. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA