Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Sengaja Tak Cegah Kerusuhan, Mantan Menteri Kehakiman Brasil Ditangkap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 Januari 2023, 07:16 WIB
Diduga Sengaja Tak Cegah Kerusuhan, Mantan Menteri Kehakiman Brasil Ditangkap
Kerusuhan di Brasilia, Brasil pada 8 Januari 2023, ketika massa pendukung Jair Bolsonaro menggeruduk gedung-gedung pemerintahan/Net
rmol news logo Mantan Menteri Kehakiman Brasil era pemerintahan Jair Bolsonaro, Anderson Torres ditangkap oleh pihak berwenang atas dugaan kelalaian bertugas dan membiarkan kerusuhan di Brasilia pada pekan lalu.

Torres ditangkap oleh polisi setelah tiba di Brasil pada Sabtu (14/1), usai berlibur di Florida, Amerika Serikat (AS). Bolsonaro yang kalah dari Lula da Silva pilpres pada tahun lalu juga berlibur di Florida dan sempat dilarikan ke rumah sakit setempat.

Penangkapan Torres sendiri telah dibenarkan oleh salah satu pengacaranya, Demosthenes Torres.

Dimuat Reuters, penangkapan Torres berdasarkan perintah Hakim Mahkamah Agung Alexandre de Moraes pada Selasa (10/1). Atas perintah itu pula kediaman Torres digerebek polisi Brasil pada Kamis (13/1).

Dari hasil penggerebekan, polisi menemukan dokumen yang diduga terkait dengan upaya campur tangan hasil pemilu pada Oktober lalu. Dokumen tersebut kemungkinan berada ditumpukan kertas untuk dibuang.

Setelah mengetahui perintah penangkapannya, Torres mengaku akan menyerahkan diri. Menteri Kehakiman Flavio Dino juga telah memberikan waktu hingga Senin (16/1) kepada Torres sebelum pemerintah memulai prosedur ekstradisi.

Kerusuhan pada Minggu (8/1) terjadi ketika massa pendukung Bolsonaro yang marah dengan hasil pemilu merangsek masuk gedung-gedung pemerintahan di Brasilia.

Otoritas menyebut kerusuhan ini terjadi diduga sebagai akibat kesengajaan dan kelalaian dari pihak Torres yang masih bertanggung jawab atas keamanan publik.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA