Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Positif Covid-19, PM Kamboja Hun Sen akan Pulang ke Tanah Air Malam Ini Meninggalkan KTT G20

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 November 2022, 14:56 WIB
Positif Covid-19, PM Kamboja Hun Sen akan Pulang ke Tanah Air Malam Ini Meninggalkan KTT G20
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai menjelang KTT G20 di Bali, Indonesia 14 November 2022/Net
rmol news logo Setelah sukses menyelenggarakan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen terbang ke Indonesia untuk menghadiri KTT G20 di Pulau Bali.

Mengutip keterangan Kementerian Luar Negeri, Khmer Times melaporkan Selasa (15/11) bahwa Hun Sen didampingi oleh Wakil Perdana Menteri Prak Sokhonn, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Pan Sorasak, Menteri Perdagangan, Chea Vandeth, Menteri Pos dan Telekomunikasi, serta pejabat senior lainnya.

Menurut rencana, Hun Sen akan menyampaikan sesi pertama tentang ketahanan pangan dan energi dan sesi kedua tentang masalah kesehatan, yang akan berfokus pada pentingnya multilateralisme dan kerja sama menuju tujuan pemulihan berkelanjutan pasca-epidemi.

Selama berada di Bali, Hun sen akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan beberapa kepala delegasi.

Sayangnya, rencana itu harus kandas setelah  ia dinyatakan positif  pada Selasa pagi (15/11). Ini tentu saja mengejutkannya.

Untuk itu Hun Sen telah mengumumkan akan kembali ke tanah air malam ini.

“Demi keselamatan para delegasi yang menghadiri pertemuan (KTT G20), saya memutuskan bahwa delegasi Kamboja harus pulang,” tulisnya di halaman Facebook resminya pagi ini.

“Untuk perwakilan ASEAN (pada KTT G20), kami sedang bernegosiasi untuk menyerahkan (representasi) ke Indonesia.”

Sebelum meninggalkan Kamboja, dia melakukan rapid test setiap hari, terutama sebelum melakukan penerbangan, namun hasilnya selalu negatif.

“Saya tidak yakin kapan tertular, tapi yang jelas saat saya datang, dokter Indonesia mengambil sampel saya pada sore dan pagi hari, saya terkonfirmasi positif Covid-19,  padahal tidak ada suspek gejala,” lanjutnya.

Untungnya, katanya, tadi malam Senin (14/11) karena datang terlambat, dia melewatkan jamuan makan malam dengan beberapa Kepala Negara/Pemerintahan yang diselenggarakan oleh Presiden Prancis.

Dalam pesan yang sama, Hun Sen juga menyampaikan penyesalannya karena tidak dapat bertemu dengan Presiden China dan Prancis di Bangkok selama Dialog Informal Para Pemimpin APEC sesuai rencana.

Perdana Menteri Samdech Techo mengatakan dia berencana untuk kembali ke Kamboja malam ini dengan gejala normal dan dia akan terus bekerja secara normal kecuali menerima tamu.

Delegasi tingkat tinggi Kamboja yang dipimpin oleh Perdana Menteri Samdech Techo Hun Sen pergi dari sini kemarin sore untuk KTT G20 dan Dialog Informal Pemimpin APEC di Indonesia dan Thailand, masing-masing hingga 18 November. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA