Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Diajak LIPI Tanam Mangrove, Politikus DPR Desak Pemerintah Lebih Giat

Laporan: | Sabtu, 14 Oktober 2017, 12:14 WIB
Diajak LIPI Tanam Mangrove, Politikus DPR Desak Pemerintah Lebih Giat

Ivan Doly Gultom (memegang mic)

Pemerintah mesti lebih serius dalam melakukan program-program pengembangan dan penyelamatan lingkungan hidup.

Pengembangan yang dilaksanakan harus dengan pendekatan ekologis, di mana pengembangan perlu memperhatikan kelestarian untuk menghindari kerusakan lingkungan.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Ivan Doly Gultom, kepada wartawan. Kemarin, Ivan menghadiri penanaman bibit 3000 Mangrove di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, yang termasuk daerah pemilihannya (Dapil) saat kampanye Pemilu 2014. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"DPR menyambut baik dan mendukung aksi kepedulian ini sebagai sebuah langkah positif bagi pelestarian lingkungan. Kami di DPR juga berharap kegiatan ini bisa menginspirasi lebih banyak pihak untuk dapat memberi sumbangsih nyata bagi lingkungan hidup. Tidak saja oleh LIPI, tetapi juga Kementerian atau lembaga negara lainnya," kata Ivan.

Pihaknya mengapresiasi kegiatan penanaman yang dilakukan LIPI itu, apalagi merupakan kegiatan penanaman mangrove yang pertama kalinya melibatkan Anggota DPR RI.

"Sebagai negara tropis dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia merupakan surga bagi mangrove. Tapi sayang, akhir-akhir ini luas hutan mangrove Indonesia semakin menurun akibat aktivitas manusia di wilayah pesisir," ujarnya.

Dalam potensi ekologis, lanjut Ivan, mangrove berperan sebagai penahan ombak, penahan angin, pengendali banjir, perangkap sedimen, dan penahan instrusi air asin.

"Kebetulan Kepulauan Seribu ini salah satu Dapil saya, sehingga saya berpikir aksi-aksi program lingkungan hidup pemerintah pusat perlu didorong untuk bisa lebih dimaksimalkan lagi di wilayah perairan," jelasnya.

Penanaman 3000 mangrove tersebar di sejumlah pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. Ini sekaligus jadi ajang pembelajaran dan pemahaman tentang penanaman rumput laut untuk warga Kepulauan Seribu.

Ivan Doly Gultom memastikan bakal terus berpartisipasi aktif dalam pengabdian masyarakat di daerah pemilihannya. Yang pasti, berbagai bentuk perhatian akan ia usahakan secara berkesinambungan agar masyarakat di Dapilnya dapat merasakan manfaat kehadirannya di DPR.

"Dalam waktu dekat, saya bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memberi bantuan 31 motor sampah roda tiga yang sudah menjadi program Kementerian untuk dibagikan kepada masyarakat Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu," ujar Ivan. [ald].
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)