Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Bamsoet Minta Semua Pihak Waspadai Penumpang Gelap Aksi 22 Mei

Laporan: | Rabu, 22 Mei 2019, 17:43 WIB
Bamsoet Minta Semua Pihak Waspadai Penumpang Gelap Aksi 22 Mei

Ketua DPR Bambang Soesatyo/Net

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengimbau kepada semua pihak, khususnya aparat keamanan untuk dapat menahan diri agar tidak terprovokasi. Menurutnya, target utama para penumpang gelap adalah menciptakan suasana kacau yang berujung pada chaos.

"Karena memang, target mereka para penumpang gelap yang menyusup di tengah aksi massa adalah memancing aparat marah dan bertindak anarkis, sehingga menimbulkan chaos," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (22/5).

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut juga meminta aparat untuk tetap bersikap humanis dalam menjalankan tugas mengamankan negara.

"Aparat walau dalam kondisi lelah, harus tetap humanis namun tegas dalam menegakan peraturan dan perundang-undangan terkait penanganan ketertiban umum, dan keamanan negara," imbuhnya.

Kepada massa aksi, Bamsoet juga berpesan agar penyampaian aspirasi di depan Kantor Bawaslu dapat berlangsung aman dan tertib. Massa aksi, sebutnya, harus menghindar tindakan anarkisme yang dapat memicu konflik horizontal akibat perbedaan memahami hasil Pemilu 2019.

"Silahkan mengemukakan pendapat dan unjuk rasa selama masih dalam koridor hukum dan undang-undang. Saya mengingatkan kembali kepada para pengunjuk rasa agar mewaspadai adanya penumpang gelap atau penyusup yang akan memanfaatkan situasi unjuk rasa untuk menciptakan ‘martir’," sebutnya.

"Mari kita utamakan kepentingan yang lebih besar, yakni keutuhan bangsa. Tak perlu lagi ada berbagai agitasi maupun propaganda yang menghasut permusuhan diantara rakyat. Para elite politik maupun para tokoh bangsa harus mampu menjaga suasana teduh, jangan malah menambah keruh suasana," pungkas Bamsoet.
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)