Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenperin - KONI Kolaborasi Majukan Optimalkan P3DN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 11 Oktober 2024, 09:10 WIB
Kemenperin - KONI Kolaborasi Majukan Optimalkan P3DN
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah)/Dok. Kemenperin
RMOL.  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkolaborasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk mendorong perkembangan industri olahraga, termasuk peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN), di tengah meningkatnya tren gaya hidup sehat di masyarakat. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, ia melihat peluang besar pada tren tersebut sebagai ceruk pasar yang potensial. 

Menurutnya, sektor industri alat olahraga memiliki potensi kontribusi ekonomi yang cukup besar. 

"Peluang ini terlihat dari peran industri alat olahraga yang dianggap mampu meningkatkan nilai ekspor. Data Trademap.org pada tahun 2023 menyebutkan, Indonesia berada di peringkat ke-24 sebagai negara eksportir alat olahraga dengan pangsa pasar sebesar 0,66 persen," jelas Agus, di Jakarta, dikutip Jumat 11 Oktober 2024.

Adapun lima negara tujuan ekspor utama untuk produk industri alat olahraga Indonesia adalah Amerika Serikat (38 persen), Jepang (15 persen), Korea Selatan (10 persen), Cina (5 persen) dan Belanda (5 persen). 

Sedangkan produk utama yang diekspor antara lain sarung tangan olahraga, joran pancing, bola golf, bola tiup, serta sarung tangan baseball dan softball.

"Kami berharap pada tahun 2024, kinerja ekspor industri alat olahraga akan lebih berkembang dan memiliki peran lebih besar dalam peningkatan nilai ekspor," kata Agus. 

Tak hanya berkontribusi dalam ekspor, sektor industri alat olahraga sejatinya merupakan industri padat karya. Berdasarkan data Direktori Industri Besar Sedang (BPS, 2023), jumlah industri alat olahraga di Indonesia tercatat sebanyak 65 unit usaha yang telah menyerap tenaga kerja lebih dari 12 ribu orang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA