Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Saksikan Peluncuran Industri Ekonomi Hijau di Kawasan Wiraraja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 26 Agustus 2024, 17:10 WIB
Airlangga Saksikan Peluncuran Industri Ekonomi Hijau di Kawasan Wiraraja
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kawasan Industri Wiraraja Batam, Senin (26/8)/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Wiraraja Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (26/8). Di lokasi ini, Airlangga turut menghadiri peluncuran Wiraraja Green Renewable Energy and Smart-Eco Industrial Park (GESEIP).
HUT 79 RI

Dalam acara tersebut, Menko Airlangga juga menyaksikan penandatangan perjanjian kerja sama pasokan gas alam dan pembangunan infrastruktur di dalam Kawasan Industri Wiraraja.

“Di era digitalisasi, semikonduktor menjadi sangat penting dan pemerintah pusat mempersiapkan sumber daya manusia-nya. Ada start up di Bandung yang sudah menjadi value chain industri semikonduktor di AS dalam hal chip design,” kata Airlangga.

Kawasan Industri Wiraraja telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau yang mampu tumbuh stabil mencapai 4,9 persen (yoy) triwulan II 2024. Sektor industri pengolahan memberikan share sebesar 41 persen terhadap PDRB Kepulauan Riau.

“Saya berharap Kepri ini bisa menonjol di kawasan regional. Kita berani bersaing dengan Johor di Malaysia,” tegas Airlangga.

Menko Airlangga kemudian melakukan kunjungan ke PT Atelier Solar Indonesia yang bergerak dalam usaha manufaktur solar modul. Nilai investasi perusahaan tersebut tercatat sebesar 30 juta Dolar AS dengan penyerapan tenaga kerja terampil sebanyak 150 orang.

Pada fase 1, perusahaan ini produksi solar modul berkapasitas 800 MW dan pada fase 2 akan memproduksi solar modul berkapasitas 2 GW.

“Saya bangga pengembangan kawasan di Wiraraja ini bisa meningkatkan investasi di Pulau Batam. Diharapkan kawasan ini menjadi salah satu tulang punggung industrialisasi di Pulau Batam yang berorientasi ekspor,” pungkas Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA