Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IPC Terminal Petikemas Turut Genjot Volume Ekspor Jambi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 03 Juli 2024, 13:51 WIB
IPC Terminal Petikemas Turut Genjot Volume Ekspor Jambi
Penyambutan Kapal Tongkang BG. MMSS 2506 sebagai kapal feeder perdana rute langsung Jambi–Jakarta/Ist
rmol news logo IPC Terminal Petikemas/TPK Area Jambi menyambut sandarnya Kapal Tongkang BG. MMSS 2506 sebagai kapal feeder perdana rute langsung Jambi–Jakarta dalam menggenjot arus perdagangan antar wilayah.

Rute untuk pertama kalinya komoditas asal Jambi dapat di ekspor melalui transhipment di Jakarta dengan kapal feeder dari agen pelayaran PT Pulau Laut Lines yang rencananya akan secara rutin sandar tiga kali sepekan.

Hadirnya layanan ini membuka peluang bagi pelaku usaha dalam memasarkan produk ke berbagai negara tujuan dan mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi.

“Dalam 29 tahun terakhir, petikemas ekspor dari Jambi selalu transhipment di Singapura sebelum ke negara tujuan. Untuk sekarang ini transhipment sudah dapat dilakukan di Jakarta,” kata Direktur Utama IPC TPK Guna Mulyana dalam keterangannya yang diterima redaksi, Rabu (3/7).

“Harapannya lebih banyak operator yang melakukan direct call ke Jakarta agar lebih banyak lagi konektifitas untuk negara tujuan ekspor tidak hanya Intra Asia dan Middle East tapi juga Eropa, Mediteranian dan USA,” tambahnya.

Menurut data BPS Provinsi Jambi, nilai ekspor 2024 terus mengalami peningkatan setiap bulan dengan komoditas tertinggi pertambangan.

Dari sisi pelabuhan, tujuan dibukanya layanan ini adalah menumbuhkan transhipment via Jakarta dan IPC TPK selaku operator terminal petikemas berupaya mendukung inisiatif pemerintah untuk menjadikan pelabuhan di Indonesia transhipment hub ke negara tujuan.

Tug Boat TB. SPGM 1306 Kapal Tongkang BG. MMSS 2506 dengan kapasitas 250 TEUs peti kemas sebagai Feeder dari Jambi menuju Jakarta yang selanjutnya diangkut oleh Mother Vessel menuju ke Gwangyang, Korea Selatan. Kapal tersebut sandar dan bertolak pada Senin, 1 Juli 2024.

Seremoni penyambutan dilakukan di dermaga terminal petikemas IPC TPK Area Jambi. Dihadiri oleh Perwakilan Pulau Laut Lines Kristina Rajagukguk, Perwakilan Pelayaran Yang Ming Line Sopiyan Achrin Tirtana, Perwakilan PT Harmoni Prima Indonesia Ahmad Maulana Putra serta Manager TPK Area Jambi Wedhar Tani Aji beserta jajaran.

“Dibukanya New Feeder Service hari ini menjadi pencapaian sendiri bagi kami dalam mendorong peningkatan volume barang dari pelaku usaha di Jambi,” ujar Kepala Cabang PT Pulau Laut Line.

“Apresiasi kepada IPC TPK dalam memberikan pelayanan yang optimal agar pemilik barang memiliki kepastian pengiriman barang dan biaya logistik efisien,” tandas dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA