Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inflasi April 2024 Tembus 3 Persen Imbas Tiket Mudik Mahal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 02 Mei 2024, 16:30 WIB
Inflasi April 2024 Tembus 3 Persen Imbas Tiket Mudik Mahal
Representative Image/Net
rmol news logo Inflasi RI tercatat kembali tembus di kisaran 3 persen secara tahunan (yoy) pada April 2024, dan inflasi bulanan mencapai 0,25 persen.

Badan Pusat Statistik pada Kamis (2/5) mengungkapkan bahwa inflasi itu terjadi saat momen Lebaran 2024, ketika masyarakat banyak yang melakukan mudik.

"Secara year to year terjadi inflasi 3,0 persen dan secara tahun kalender atau year to date inflasi 1,19 persen," ujar Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti  dalam konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Menurutnya, inflasi bulanan ini masih lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya dengan inflasi sebesar 0,52 persen.

Adapun kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulanan terbesar pada periode Lebaran ini yaitu dari sektor transportasi, dengan inflasi sebesar 0,93 persen dan andil 0,12 persen.

"Di mana penyumbang utama inflasi dari kelompok transportasi adalah tarif angkutan udara dengan andil inflasi sebesar 0,06 persen, tarif angkutan antarkota dengan andil inflasi sebesar 0,03 persen, serta tarif kereta api dengan andil inflasi sebesar 0,01 persen," kata Amalia.

Sementara itu komoditas lain yang memberi andil inflasi yaitu bawang merah sebesar 0,14 persen, emas perhiasan 0,08 persen, tomat 0,04 persen, serta bawang putih 0,02 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA