Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Realisasi Impor Terkendala, Harga Daging Tak Kunjung Stabil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 12 Maret 2024, 01:26 WIB
Realisasi Impor Terkendala, Harga Daging Tak Kunjung Stabil
Persediaan daging sapi di pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin malam (11/3)/RMOL
rmol news logo Memasuki bulan Ramadan 1445 H yang jatuh pada Selasa (12/3), harga daging sapi terbilang belum stabil di pasaran. Bahkan jelang Idul Fitri, stok daging sapi di ambang kelangkaan.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di beberapa pasar di Jakarta, harga daging sapi per Senin (11/3) mencapai di angka Rp140-180 ribu per kilogram. Bahkan ada yang tembus hingga di atas Rp200 ribu per kilogramnya.

Harga itu mengalami kenaikan sekitar 15-20 persen dari bulan sebelumnya. Keterlambatan izin impor disebut-sebut menjadi biang keladi naiknya harga daging di pasaran.

Info yang diterima dari beberapa importir daging, pemberian izin impor baru keluar pada bulan Februari 2024. Waktu tersebut begitu mepet dengan masuknya bulan puasa.

Alih-alih ingin menstabilkan harga daging melalui impor, namun akibat keterlambatan izin, realisasi pun menjadi terkendala.

Disinyalir, kekurangan stok daging nasional mencapai angka 300 ribu hingga 400 ribu ton. Jika realisasi impor mengalami kendala, maka bukan tidak mungkin kelangkaan daging akan terjadi di momen Idul Fitri tahun ini.

Hal itu menjadi PR (pekerjaan rumah-red) besar pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menstabilkan harga daging kembali normal.

Tercukupinya kebutuhan daging masyarakat pada momentum Ramadan dan Idul Fitri tahun ini menjadi kewajiban pemerintah untuk mencari jalan keluarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA