Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Respon Kelangkaan Beras, Ketua MPR RI Desak Pemerintah Luncurkan Strategi Cegah Inflasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 14 Februari 2024, 07:58 WIB
Respon Kelangkaan Beras, Ketua MPR RI Desak Pemerintah Luncurkan Strategi Cegah Inflasi
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pemerintah untuk menyusun langkah-langkah pencegahan terjadinya inflasi di Indonesia, akibat kenaikan beras di pasaran.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Bamsoet pada Selasa (13/2), di tengah kekhawatiran inflasi yang terjadi akibat kenaikan harga beras dalam beberapa hari terakhir.

Menurutnya, setiap kenaikan 1 persen harga beras dapat menyumbang inflasi sebesar 0,03 persen sampai dengan 0,04 persen.

"(Untuk itu) saya meminta pemerintah seiring dengan upaya menstabilkan harga beras di pasaran, juga turut memperhatikan potensi terjadinya inflasi, dan memproyeksikan dampak, guna meminimalisir risiko buruk imbas inflasi," kata Bamsoet.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR RI itu juga meminta pemerintah menyiapkan kebijakan moneter yang tepat, untuk mengantisipasi dampak inflasi akibat kenaikan beras.

Adapun pernyataan tersebut dikeluarkan Bamsoet setelah terjadinya kelangkaan beras premium di sejumlah peritel modern, seperti Alfamart dan Indomaret, serta pasar tradisional.

Hal itu terjadi karena tingginya harga beras, sehingga membuat para peritel memilih untuk tidak memasok beras premium. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA