Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Sampai Surabaya, KCIC akan Bangun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Yogyakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 26 Januari 2024, 11:56 WIB
Belum Sampai Surabaya, KCIC akan Bangun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Yogyakarta
Kereta Cepat Whoosh/Net
rmol news logo PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) berencana melanjutkan perpanjangan rute kereta cepat sampai Yogyakarta terlebih dahulu.

Rencana itu disampaikan Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, dengan mengatakan kereta cepat tidak akan langsung dibangun sampai ke Surabaya, seperti rencana awal.

"Kan dalam banyak kesempatan, Pak Presiden (Jokowi), Pak Luhut (Menko Marves Luhut), Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan semuanya menyampaikan ada rencana extend sampai Surabaya. Mungkin tahapannya akan ke Yogyakarta dulu," katanya pada Kamis (25/1).

Menurut Dirut KCIC itu, rencana untuk menambah rute sampai ke Surabaya membutuhkan biaya dan waktu yang lebih lama, sehingga belum bisa didorong dalam waktu dekat ini.

"Ada kemungkinan begitu (tahap pertama sampai ke Yogyakarta dulu), kan kalau sampai Surabaya masalah waktu dan biaya. Intinya bahwa studinya mesti lebih baik, trase, feasibility study (FS), dan lain-lain. Kita punya banyak pengalaman dari Jakarta-Bandung, mestinya lebih oke lah untuk extend ke Yogyakarta dan Surabaya," tambah Dwiyana.

Meski demikian, saat ini pihak KCIC sendiri menyebut tengah menggodok perencanaan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, dengan menggandeng China Railway Group Limited (CREC) dalam pembahasan tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA