Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembalikan Kejayaan, DRKI Dorong Regulasi Pengelolaan Rempah Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 18 Desember 2023, 19:00 WIB
Kembalikan Kejayaan, DRKI Dorong Regulasi Pengelolaan Rempah Indonesia
Konferensi pers Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Senin (18/12)/RMOL
rmol news logo Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) mendorong regulasi yang jelas dari pemerintah, untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia di kancah dunia.

Wakil Ketua I Bidang Organisasi Kelembagaan dan Pengembangan Wilayah DRKI, Mochtar menegaskan, regulasi pengelolaan rempah diperlukan guna membantu meningkatkan daya saing rempah di dalam negeri.

"Regulasi harus segera diatur oleh pemerintah, jadi tidak ada lagi tata kelola rempah yang seenaknya, seperti adanya tengkulak, untuk menuju kejayaan rempah kita kembali," kata Mochtar dalam konferensi pers di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (16/12).

Menurut Mochtar, terdapat lebih dari 1 juta hektare lahan yang tidak tergarap dengan baik, sehingga pemanfaatan rempah sampai saat ini belum maksimal.

"Tanpa ada tata kelola, rempah-rempah tidak bisa hidup, ada aturan mainnya, dan rempah-rempah belum ada, nanti kita akan menghadap pemerintah," sambung Mochtar.

Untuk itu, DRKI juga akan mengadakan rapat dengan para petani rempah Indonesia dan para pengusaha, untuk mendiskusikan regulasi yang diinginkan guna melindungi industri tersebut di masa depan.

Langkah tersebut dilakukan DRKI dengan harapan bahwa mereka dapat mendukung semua pihak, baik pemerintah maupun swasta dalam hilirisasi rempah, guna menumbuhkan industri tersebut, terutama meningkatkan upaya ekspor rempah ke luar negeri. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA