Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kukuhkan Pengurus Pusat, DRKI Berkomitmen Tingkatkan Daya Saing Rempah Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 18 Desember 2023, 18:08 WIB
Kukuhkan Pengurus Pusat, DRKI Berkomitmen Tingkatkan Daya Saing Rempah Indonesia
Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) saat pengukuhan pengurus dengan memotong tumpeng bersama di Theater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (18/12)/RMOL
rmol news logo Dalam upaya mengembalikan kejayaan rempah-rempah di dalam negeri, Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) melakukan pengukuhan pengurus pusat periode 2023-2027 pada Senin (18/12).

Bertempat di Theater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, DRKI juga menggelar Kongres untuk membahas sejumlah program serta strategi kerja guna memperkuat eksistensi rempah-rempah Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Ketua Umum DRKI, Cokorda Ngurah Agung Kusuma Yudha menegaskan, DRKI saat ini memiliki visi untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah dalam negeri dengan meningkatkan daya saing rempah di kancah dunia.

“Dulu zaman penjajahan rempah kita dicari di berbagai negara, mereka menjadi kaya karena rempah kita, kenapa kita juga tidak berusaha kaya dengan rempah kita sendiri?” tegas Agung saat menyampaikan pidato.

Lebih lanjut, Agung menegaskan bahwa DRKI akan berusaha untuk menjadikan Indonesia sebagai ibu rempah dunia.

Menurut Agung, Indonesia memiliki lebih dari 30 ribu jenis tanaman, termasuk ragam tanaman rempah yang potensial untuk dimanfaatkan seluas-luasnya sebagai sumber pangan, obat-obatan serta kosmetik kecantikan bagi masyarakat Indonesia dan global.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, DRKI mendorong pemanfaatan rempah-rempah di dalam negeri di tengah merosotnya perdagangan rempah Indonesia, yang dianggap dapat merugikan perekonomian negara.

"Pemanfaatan rempah kita perlu untuk terus ditingkatkan dan terus dijaga, jangan sampai rempah kita hanya dimanfaatkan oleh asing," tegasnya.

Adapun pengukuhan pengurus pusat yang telah memiliki 15 DRKI Wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia itu dilakukan menyusul hari peringatan Rempah Nasional yang jatuh pada 11 Desember.

Dalam acara tersebut hadir pula Wakil Ketua I Bidang Organisasi Kelembagaan dan Pengembangan Wilayah, Mochtar; Wakil Ketua II Pemberdayaan Pengembangan Kompetensi SDM, Parlindungan Harahap; Dewan Pendiri dan Pengawas DRKI, Sunirman Mulyodiharjo; serta puluhan pengurus yang bersama-sama memotong tumpeng untuk meresmikan pengukuhan tersebut. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA