Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Libur Akhir Tahun, Penjualan Ritel Mulai Merangkak Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 11 Desember 2023, 16:32 WIB
Jelang Libur Akhir Tahun, Penjualan Ritel Mulai Merangkak Naik
Representative Image/Net
rmol news logo Menjelang libur akhir tahun, penjualan ritel tercatat mulai merangkak naik sebesar 2,4 persen year in year (yoy), pada periode Oktober 2023.

Dalam laporan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Indeks Penjualan Ritel (IPR) telah mencapai 207,5 atau tumbuh 2,4 persen yoy.

Sementara secara bulanan, penjualan eceran meningkat 3,23 persen mtm, setelah pada bulan sebelumnya mengalami kontraksi.

Menurut siaran pers BI, peningkatan kinerja penjualan eceran itu mayoritas didorong oleh Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, yang tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pada November 2023, IPR diprediksi juga diprediksi akan meningkat sebesar 209,4 atau tumbuh 2,9 persen yoy, yang  didorong oleh Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, Subkelompok Sandang, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Selain itu, dalam sisi harga, Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Januari dan April 2024 masing-masing diperkirakan akan berada di kisaran 133,1 dan 137,8, lebih tinggi daripada IEH bulan sebelumnya yang masing-masing sebesar 131,2 dan 133,0.

Responden memprediksi bahwa peningkatan harga IEH April 2024 didorong oleh kenaikan harga seiring dengan periode  Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri pada 2024. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA