Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inflasi Harga Grosir Capai 3,55 Persen di November 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 01 Desember 2023, 12:07 WIB
Inflasi Harga Grosir Capai 3,55 Persen di November 2023
Representative Image/Net
rmol news logo Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi harga grosir di dalam negeri mencapai 3,55 persen tahun ke tahun (yoy) pada periode November 2023 ini.

Dalam laporan yang dirilis Jumat (1/12), Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional yang mencapai lebih dari 3 persen memiliki pendorong inflasi utama yaitu tembakau, makanan dan minuman yang mencakup cabai merah, bawang merah dan beras.

Kenaikan IHPB tertinggi ini terjadi pada sektor pertanian yang mencatat kenaikan sebesar 7,66 persen.

"Perubahan IHPB bulan ke bulan (mtm) November 2023 sebesar 0,26 persen dan perubahan IHPB tahun kalender (ytd) November 2023 sebesar 2,76 persen," papar Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Moh. Edy Mahmud.

Edy menjelaskan, dalam periode ini, sektor industri menjadi penyumbang andil dominan pada perubahan IHPB tahun ke tahun (yoy), yaitu sebesar 2,18 persen.

Sementara sektor pertanian menyumbang andil yoy sebesar 1,36 persen dan Sektor Pertambangan dan Penggalian menyumbang andil (yoy) sebesar 0,01 persen.

Di sisi lain, IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi tahun ke tahun (yoy) November 2023 tercatat juga mengalami kenaikan sebesar 0,99 persen  dari November 2022 lalu, karena disebabkan oleh kenaikan harga komoditas pasir, batu split, batu pondasi bangunan, solar, dan aspal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA