Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangun IKN, Pemerintah Prioritaskan Investor Dalam Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 November 2023, 09:34 WIB
Bangun IKN, Pemerintah Prioritaskan Investor Dalam Negeri
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia/Net
rmol news logo Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menarik minat banyak investor asing. Namun, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, menegaskan investor dalam negeri yang akan diprioritaskan untuk mengisi wilayah inti atau pusat IKN.

"200 lebih sudah ada (sampaikan minat) tapi saya memang lagi mengerem, saya mengerem kenapa? Daerah-daerah prime (utama) itu kalau boleh itu semua dalam negeri supaya IKN itu dari kita untuk kita. Nanti di layer kedua, layer ketiga, baru bisa (kita) berikan opsi ke asing," kata Bahlil kepada media seusai acara Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2023 di Jakarta, baru-baru ini.

Bahlil menegaskan, hal itu senada dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin memprioritaskan investor dalam negeri untuk bisa membangun IKN.

Prioritas bagi investor dalam negeri dilakukan agar tidak ada asumsi di publik bahwa pemerintah tidak memberikan kesempatan bagi pengusaha nasional.

Pemerintah saat ini terus mengebut pembangunan infrastruktur di IKN. Jalan Tol IKN dikabarkan telah mencapai 55 persen pembangunnya sementara Bandara IKN mulai groundbreaking. Jokowi dalam pidatonya beberapa waktu lalu berharap kedua infrastruktur tersebut ditargetkan bisa dipakai pada Juni 2024. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA