Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bapanas Amankan Pasokan, 900 Ribu Ton Beras akan Banjiri RI Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 06 November 2023, 15:13 WIB
Bapanas Amankan Pasokan, 900 Ribu Ton Beras akan Banjiri RI Lagi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pasokan beras impor sebanyak 900 ribu ton akan kembali membanjiri Indonesia pada awal tahun 2024 mendatang.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI Arief Prasetyo mengatakan bahwa pasokan itu merupakan tambahan dari 1,5 juta ton yang akan diamankan pemerintah.

"600 ribu ton beras akan didatangkan pada Desember 2023. Sisanya 900 ton itu akan masuk di pertengahan Januari," kata Arief dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (6/11).

Saat ini,  jumlah stok beras yang ada di Bulog sendiri tercatat mencapai 1,4 juta ton. Dikatakan Arief, hal itu sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo untuk mengamankan pasokan di atas 1 juta ton, guna menghindari kekurangan beras.

Lebih lanjut, menurut Ketua Bapanas itu, pemerintah berkomitmen untuk langsung mendistribusikan stok beras kepada masyarakat, yang diharapkan dapat membantu menstabilkan harga beras.

"Kita pastikan langsung tersebar di seluruh Indonesia, tidak di satu atau dua port saja, tapi di seluruh port," ujarnya.

Namun, meski stok beras aman, Arief mengatakan masih ada produk-produk lain yang kemungkinan harganya bakal meningkat, seperti jagung dan gula. Menurutnya, apabila tidak diintervensi maka  harga kedua komoditas itu bisa naik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA