Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Tidak Miliki Hubungan Diplomatik, RI Ternyata Impor Produk Israel Senilai Rp 226 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 16 Oktober 2023, 22:32 WIB
Meski Tidak Miliki Hubungan Diplomatik, RI Ternyata Impor Produk Israel Senilai Rp 226 Miliar
Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam rilis berita resmi BPS, Senin, 16 Oktober 2023/BPS
rmol news logo Meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, Indonesia diketahui memiliki hubungan dagang dengan mengimpor sejumlah barang dari Tel Aviv.

Menurut Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti, barang tersebut masuk ke Tanah Air melalui hubungan business to business dengan Israel.

"Meskipun kita tidak memiliki hubungan diplomatik, hubungan dagang tetap bisa dilakukan karena ini adalah business to business," kata Amalia pada Senin (16/10).

Dalam penjelasannya, Plt Kepala BPS itu menuturkan bahwa total impor Israel ke Indonesia dalam periode Januari hingga September 2023 tercatat sekitar 14,4 juta dolar atau sekitar 226 miliar rupiah.

Adapun barang impor tersebut utamanya terdiri dari mesin, peralatan mekanis dan bagiannya yang masuk dalam klasifikasi kode Harmonized System (HS) 84.

Lalu perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia yang masuk kode HS 82, serta mesin, perlengkapan elektrik dan bagiannya yang tergolong HS 85.

Impor tersebut diketahui telah terjadi sejak 2020 lalu, yang mencatat sebanyak 56,5 juta dolar (Rp 886 miliar). Sementara pada 2021 tercatat sekitar 26,5 juta (Rp 415 miliar), serta 2022 impor dari Israel berkisar 47,8 juta dolar (Rp 750 miliar)

"Dan sepanjang 2023, kita mengimpor dengan nilai sebesar 14,4 juta dolar," tambah Amalia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA