Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Srikandi Berlimpah Harta dari Bisnis Batu Bara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 29 September 2023, 10:15 WIB
Tiga Srikandi Berlimpah Harta dari Bisnis Batu Bara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tiga wanita ini adalah srikandi kaya raya dari sektor pertambangan. Sosok mereka jarang terlihat, tetapi Forbes mencatat mereka memiliki kekayaan puluhan triliun rupiah.

Siapa saja mereka? Kantor Berita Politik RMOL merangkumnya dari berbagai sumber.


1. Dewi Kam

Sosok wanita berusia 73 tahun ini tercatat sebagai wanita terkaya di Asia Tenggara menurut Forbes Real Time Billionaires 2023. Harta kekayaannya mencapai 4,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 64,6 triliun.

Dewi merupakan pengusaha sekaligus pemilik dari saham minoritas perusahaan tambang batu bara di Indonesia PT Bayan Resources Tbk, yang dimiliki oleh orang terkaya Indonesia, Low Tuck Kwong. Di perusahaan itu, Dewi memiliki saham minoritas sebesar 10 persen.

Selain itu, Dewi Kam juga dikenal luas sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis pembangkit listrik, salah satunya lewat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Ia terlibat dalam proyek PLTU Jeneponto, Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Dewi Kam terlibat dalam proyek PLTU Jeneponto lewat PT Sumber Energi Sakti Prima yang bekerja sama dengan PT Bosowa Energi.

Dewi juga tercatat sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di Britisih Virgin Islands, dan pemegang saham Overseas Finance Ltd yang bertempat di Samoa, serta masih banyak lagi.

Kehidupan Dewi bisa dikatakan 'misterius'. Tidak banyak yang mengetahui kehidupan pribadinya atau bagaimana masa kecilnya serta perjalanannya hingga bisa menjadi wanita super kaya.  

2. Arini Subianto

Wanita berusia 52 tahun ini menduduki urutan ke-28 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2022. Hartanya ditaksir sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 22 triliun. Ia merupakan Presiden Direktur Persada Capital Investama.

Ayahnya, Benny Subianto meninggal dunia pada Januari 2017. Ia merupakan anak tertua Benny, sehingga kerajaan bisnis bapaknya dikendalikan olehnya.

Bisnis yang dijalankannya adalah pengolahan kayu dan minyak sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.


3. Ghan Djoe Hiang


Sosok wanita berusia 79 tahun ini masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2022. Saat ini harta kekayaan yang dimilikinya ditaksir senilai 1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 15 triliun.

Ia adalah istri mendiang taipan Indonesia Athanasius Tossin Suharya, pendiri grup Baramulti yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara. Baramulti Group saat ini memiliki 11 konsesi batu bara di Kalimantan dan Sumatera, Indonesia.

Suaminya itu tercatat mulai menjalankan perusahaanya pada 1971 dengan mendirikan PT Ensicon Indonesia, kontraktor umum, dan melakukan diversifikasi ke perdagangan batubara pada tahun 1988.

Ghan Djoe Hiang juga merupakan pemegang saham pengendali PT Wahana Sentosa Cemerlang, induk usaha PT Mitrabara Adiperdana Tbk. (MBAP). Mitrabara merupakan perusahaan yang juga bergerak dalam bidang pertambangan batu bara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

  • TAGS

ARTIKEL LAINNYA