Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China dan India jadi Penentu Harga Batu Bara Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 23 September 2023, 13:55 WIB
China dan India jadi Penentu Harga Batu Bara Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kondisi cuaca atau musim dingin di Amerika dan Eropa, dikhawatirkan berdampak pada harga batu bara di Indonesia. Namun, Direktur PT Bayan Resources Tbk (BYAN) Alexander Ery Wibowo menilai naik turunnya harga batu bara tidak terpengaruh dari musim di dua benua tersebut.

"Kalau menurut saya yang men-drive batu bara dunia itu situasi China dan India. Jadi mungkin tidak terlalu terpengaruh kalau ada prediksi cuaca di Eropa dan Amerika," katanya dalam program Mining Zone, yang dikutip CNBC, Sabtu (23/9).

Konsumen terbesar batu bara dunia saat ini adalah China dan India, katanya, dengan tujuan ekspor batu bara Indonesia lebih banyak ke negara di Asia.

Staf Khusus Menteri ESDM Irwandy Arif juga mengatakan hal yang sama bahwa musim dingin di Amerika dan Eropa tidak mempunyai pengaruh terhadap harga batu bara di Indonesia.

"Jadi baik itu di China, di India, di beberapa negara Asia lainnya, Malaysia, Thailand, Jepang, dan sebagainya. Jadi memang di sini pengaruhnya kalaupun ada itu sangat kecil," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA