Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangun Pabrik ke-8 di Meksiko, Heineken Investasikan Rp 7,8 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 15 September 2023, 17:12 WIB
Bangun Pabrik ke-8 di Meksiko, Heineken Investasikan Rp 7,8 Triliun
Pabrik Heineken di Guadalajara/Net
rmol news logo Dalam rangka memperluas produksinya, pembuat bir Belanda Heineken akan kembali membangun pabrik baru di Meksiko, dengan investasi sebesar 8,7 miliar peso (7,8 triliun rupiah).

Pembangunan pabrik diperkirakan akan dimulai pada 2024, di kotamadya Kanasin, bagian dari wilayah metropolitan Merida, Yucatan.

"Pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada awal tahun 2026 dan diharapkan dapat menciptakan 2.000 lapangan kerja," kata Guillaume Duverdier, CEO Heineken Mexico, seperti dikutip dari Mexico News, Jumat (15/9).

Heineken sudah mengoperasikan tujuh pabrik lainnya di Meksiko, termasuk di Guadalajara.

Duverdier menjelaskan bahwa pabrik terbaru awalnya akan memasok pasar domestik Meksiko dengan merek-merek lokal populer, termasuk Tecate, Sol, Dos Equis, Bohemia, Indio dan Carta Blanca, dan pada akhirnya berharap untuk mengekspor ke luar negeri.

Dia mengatakan bahwa lokasi tersebut dipilih untuk mendekatkan produk perusahaan kepada konsumen di Meksiko tenggara, sebagai respons terhadap potensi pertumbuhan yang kuat dari pasar Meksiko.

Ini akan menjadi pabrik kedelapan perusahaan tersebut di negara tersebut – menambah fasilitas di Orizaba, Monterrey, Tecate, Navojoa, Guadalajara, Toluca dan Chihuahua – namun yang pertama di wilayah tenggara. Perusahaan ini telah mempekerjakan sekitar 18.000 orang di Meksiko.

Heineken adalah salah satu dari beberapa pabrik yang mengalihkan perhatiannya ke Meksiko selatan.

Pada tahun 2020, Constellation Brands yang berbasis di AS terpaksa meninggalkan pabrik pembuatan bir senilai 1,4 miliar dolar AS yang sudah dibangun di Mexicali dan merelokasi fasilitas tersebut ke Veracruz. Itu terjadi setelah para petani di Baja California menyatakan kekhawatiran bahwa proyek tersebut akan memperburuk kekurangan air di musim kemarau.

Terakhir kali Heineken meresmikan pabrik di Meksiko lima tahun lalu di Meoqui, Chihuahua, dengan investasi sebesar 500 juta dolar AS. Perusahaan mengklaim bahwa pabrik tersebut mengikuti prinsip keberlanjutan yang kuat untuk meminimalkan penggunaan air, beroperasi berdasarkan kebijakan pengurangan limbah yang ketat, dan menggunakan sumber energi berkelanjutan.

Meskipun terdapat banyak sumber air di bagian tenggara Meksiko, Heineken mengatakan bahwa pabrik baru di Yucatan akan mengikuti prinsip-prinsip lingkungan yang sama, dengan tujuan hanya menggunakan dua liter air per liter produk. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA