Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program ALS Micromine Minimalisir Gap PT Dengan Dunia Kerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 25 Januari 2019, 14:57 WIB
Program ALS Micromine Minimalisir Gap PT Dengan Dunia Kerja
Foto: Net
rmol news logo Mencari tenaga kerja trampil di bidang operasi pertambangan yang siap kerja bukan perkara yang mudah. Lantaran bidang pertambangan memiliki kerumitan tersendiri.

Umumnya perusahaan tambang akan memberikan berbagai training untuk para sarjana yang baru lulus dari perguruan tinggi.
 
Untuk meminimalisir gap, antara perguruan tinggi dan dunia kerja di pertambangan, Micromine sebuah perusahaan teknologi software bidang pertambangan, menyediakan skema lisensi akademik software pertambangan di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Marketing Micromine Indonesia, RA Christanti Taurina menjelaskan, program Academic Licence Scheme (ALS) digelar dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, seperti UGM, UPN Veteran, Unpad, Unsiyah, Universitas Trisakti dan perguruan tinggi lainnya.

Tujuannya adalah menjembatani ketrampilan yang dibutuhkan kalangan perusahaan terhadap sumber daya siap pakai.
Dengan penguasaan software Micromine, menurut dia, perusahaan tidak perlu mengadakan training secara khusus bagi para fresh graduate yang diterima kerja,

"Penyelenggaraan training selain membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, juga membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga sarjana fresh graduate pada saat training praktis tidak bekerja sesuai kebutuhan perusahaan," terangnya.

Selain itu mahasiswa memiliki kesempatan untuk mempelajari dan berlatih menggunakan software Micromine, mulai dari merencanakan proyek tambang, hingga melakukan pemodelan dan perhitungan dengan berbagai studi kasus yang sering ditemukan dalam proyek pertambangan.

Universitas diakuinya memang mengajarkan keahlian teknis dan teori dasar sebagai pintu gerbang pemahaman terhadap pilihan karier yang dipilih. Namun seiring perkembangan zaman dan ketatnya persaingan membuat para mahasiswa wajib membekali diri mereka dengan berbagai macam keahlian pendukung semenjak duduk di bangku kuliah, sehingga dapat meningkatkan daya saing, berupaya agar menonjol, dan menarik bagi suatu perusahaan.

Untuk menunjang berjalannya program ALS, kini sudah terbentuk Micromine Club di tiap-tiap universitas.

Dalam waktu dekat Micromine Indonesia bersama Micromine Club di tahun 2019 berencana mengadakan Micromine Student Championship bagi para mahasiswa fakultas teknik geologi dan tambang. [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA