Kampanye ini sekaligus pemberian penghargaan terhadap sejumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) pangan.
"Event ini bertujuan untuk menguatkan pemakaian produk dalam negeri," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Wijayanti saat menyampaikan sambutannya.
Kemendag, lanjut Tjahja, juga mempunyai program penguatan kelembagaan UKM. Program tersebut dengan memberikan izin usaha dan memfasilitasi para pengusaha UKM untuk bisa menggelar pameran.
"Kemudian kita juga memberikan sarana usaha perdagangan seperti, tenda coolbox, dan gerobak. Kita juga memfasilitasi temu usaha antara para UKM dengan pata elit yang besar-besar. Sehingga para UKM memperdagangan produknya diritel yang sudah besar," paparnya.
Dalam kesempatan itu, Kemendag juga memberikan 18 penghargaan terhadap produk yang telah lolos secara administratif. Setidaknya ada 600 UKM yang mendaftarkan produknya hingga proses seleksi tersisa 220 produk yang lolos.
"Tahun ini merupakan UKM Pangan Award ke 11 dari penyelenggaraan. Akan ditetapkan 18 pemenang dari 220 produk yang lolos secara administrasitif. Pejurian awal dilakukan melalui online," jelasnya.
Penghargaan ini dalam dua kategori, yakni umum termasuk di dalamnya produk makanan cepat saji, minuman kemasan, cemilan, produk dapur.
"Kedua, kategori khusus untuk makanan daerah, inovasi produk olahan baru, inovasi buah-buahan tropis Indonesia," sebutnya.
Hadir dalam acara ini di antaranya Direktur Utama Bayu Rafisukmawan, Miss Internasional 2017 Kevin Lilyana, dan sejumlah artis seperti Kikan, Joe Ricard, Kiki Amalia, dan Dwi Andika.
[wid]
BERITA TERKAIT: