Ini Rahasia Sukses Produk untuk Lintas Generasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 20 November 2014, 11:45 WIB
Ini Rahasia Sukses Produk untuk Lintas Generasi
PPM Manajemen
rmol news logo Saat ini, dunia perusahaan setidaknya diisi empat kelompok generasi yang lahir di periode berbeda, yaitu Baby Boomer (1946-1965), Gen X (1966-1976), Gen Y (1977-1994), dan Gen Z (1995-2012).

Keempat generasi tersebut hidup secara berdampingan dan saling berhubungan. Meskipun demikian, mereka mempunyai perbedaan dalam banyak hal, misalnya perbedaan selera, pilihan, nilai, dan harapan.

Dalam  Academics Gathering Product Development and Management Association (PDMA) Indonesia  yang  dihelat  di  Executive  Lounge  PPM Manajemen Jakarta, Rabu (19/11), Core  Faculty PPM School of Management, Wahyu  T.  Setyobudi, menjelaskan "persinggungan" antara dua generasi  pekerja pengisi perusahaan saat ini,  yaitu Gen X dan Gen Y.

Dimulai  dengan  adanya  kesadaran  dari  masing-masing  generasi  bahwa  telah  berlaku perbedaaan, harus dilanjutkan dengan kesediaan untuk meleburnya generasi terdahulu (Gen X) dengan generasi saat ini  Gen Y, karena tak dapat dipungkiri bahwa tampuk perusahaan di masa depan akan jatuh pada Generasi Y. Ini diyakini sebagai salah satu solusi jitu bagi perusahaan agar bisa survive di masa mendatang.

Dalam lingkup bisnis, Head of Nutrition Business Kalbe Nutritionals, Tunghadi Indra, mengatakan,  hal tersebut menuntut perusahaan untuk memahami dan melakukan pendekatan yang berbeda dari tiap generasi yang ada.

"Oleh karena itu, produk yang dihasilkan oleh perusahaan pun diharapkan tidak hanya menjawab kebutuhan pada satu masa tertentu, namun lebih ke lintas generasi," ujarnya.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap inovasi produk harus selalu diarahkan kepada kebutuhan pelanggan. Inovasi tanpa memperhatikan kebutuhan pelanggan hanya akan mengakibatkan produk tersebut gagal ketika dipasarkan.

Be fast, be melting and be different, atau anti-mainstream bisa menjadi modal persaingan di zaman ini. Itulah kesimpulan yang dilontarkan Milawati Asshagab selaku moderator diskusi tersebut. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA