Dimensy.id
R17

11 Tahun Beraksi, Robot Humanoid Atlas HD Pensiun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB
rmol news logo Setelah dihidupkan selama 11 tahun, Atlas HD, robot humanoid yang dapat berlari, jungkir balik, dan melakukan backflip, akhirnya pensiun.

Hal itu diunggah pembuatnya, Boston Dynamics, dalam sebuah video yang menunjukkan sorotan dan cahaya rendah robot tersebut.

“Sekarang saatnya bagi robot hidrolik Atlas kami untuk istirahat dan bersantai,” kata Boston Dynamics, seperti dikutip dari BBC, Jumat (19/4).

Berbagai inkarnasi Atlas menjadi viral selama bertahun-tahun, menyenangkan sekaligus menakutkan pemirsa dalam prosesnya.

Pada Rabu, perusahaan meluncurkan pengganti Atlas dengan sebuah model listrik yang dikatakan akan lebih kuat, dengan jangkauan gerak yang lebih luas.

Untuk mengilustrasikan maksudnya, Boston Dynamics telah merilis video baru yang menunjukkan robot memutar anggota tubuhnya dengan cara yang lebih rumit daripada yang bisa dilakukan pendahulunya.

Pakar robot Ingo Keller mengatakan kemampuannya yang semakin mirip manusia telah membantu mendorong batas-batas kemampuan robot.

Kepala robotika di National Robotarium, di Edinburgh tersebut juga mengatakan bahwa selain mempercepat teknologi-teknologi penting, Atlas asli juga menarik imajinasi masyarakat.

“Sebagai sebuah industri, jalan kita masih panjang untuk menyamai kemampuan luar biasa yang dimiliki tubuh manusia, namun saya yakin Atlas akan dikenang sebagai batu loncatan penting dalam perjalanan tersebut,” kata Keller.

Atlas versi pertama dibuat pada tahun 2013 sebagai bagian dari kompetisi robotika untuk militer AS.  Ini dirancang untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan setelah bencana.

Pada saat itu Atlas digambarkan sebagai salah satu robot humanoid tercanggih yang pernah dibuat.

Versi robot yang lebih baru tidak dibuat untuk pemerintah.

“Secara tradisional, kami fokus pada robot berkaki karena kami ingin membuat robot yang dapat menyeimbangkan dan bergerak secara dinamis,” kata perusahaan tersebut pada peluncuran Atlas listrik.

“Faktor bentuk humanoid adalah desain yang berguna untuk robot yang bekerja di dunia yang dirancang untuk manusia," lanjutnya.

Dalam video perpisahannya, Boston Dynamics menunjukkan Atlas berjalan menuju pintu lift, terjatuh dari tangga dan kesulitan meletakkan kotak di rak.

Tapi ia juga menunjukkan kemampuan seperti parkour untuk membalik, berputar, dan melompat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA