Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT TNI

Bawaslu: TNI Berhasil Jaga Keamanan Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 05 Oktober 2024, 11:20 WIB
Bawaslu: TNI Berhasil Jaga Keamanan Pemilu 2024
Anggota Bawaslu sekaligus Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi, Puadi/Ist
rmol news logo Kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak bisa dilepaskan dari peran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Melalui dukungan TNI, pesta demokrasi lima tahunan itu berjalan kondusif dan aman.

"Selamat (ulang tahun ke-79) kepada TNI yang telah berperan penting dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024," ujar Anggota Bawaslu RI, Puadi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (5/10). 

Dia tidak menampik peran TNI sangat penting dalam Pemilu Serentak 2024 lalu, terutama dalam menjaga keamanan di daerah rawan konflik sebagaimana tertuang dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024.

"Sepanjang pelaksanaan Pemilu 2024, TNI berperan dalam mendukung keamanan melalui operasi pengamanan Pemilu yang dilakukan bersama dengan Polri," urainya. 

Maka dari itu, Puadi memandang fokus utama peranan TNI dalam menjaga pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 terbilang berhasil karena dapat berlangsung aman, damai dan tanpa gangguan, utamanya di daerah rawan konflik atau potensi gangguan keamanan.

Meski demikian, ia sedikit memberi catatan kepada TNI dan aparat hukum dalam mengawal hajat rakyat agar lebih humanis.

"Perlu lebih dioptimalkan untuk memastikan penanganan konflik bersifat preventif. Ini penting agar penyelesaian masalah tidak hanya berfokus pada keamanan fisik, tetapi juga penyelesaian akar masalah di masyarakat," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA