Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merapi Meletus, Polda Jateng Minta Aktivitas Pendakian dan Pertambangan Dihentikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 11 Maret 2023, 21:22 WIB
Merapi Meletus, Polda Jateng Minta Aktivitas Pendakian dan Pertambangan Dihentikan
Muntahan awan panas guguran (APG) Gunung Merapi pada Sabtu (11/3)/Ist
rmol news logo Meletusnya Gunung Merapi, Jawa Tengah, pada Sabtu siang (11/3), mengharuskan sejumlah aktivitas harus dihentikan.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy, meminta masyarakat khususnya di wilayah Magelang, Klaten dan Boyolali untuk berhati-hati. Dirinya meminta segala aktivitas masyarakat di sekitar gunung Merapi terutama di radius 7 kilometer dihentikan.

“Baik aktivitas pendakian gunung, wisata maupun penambangan pasir, kami minta untuk segera dihentikan. Dan warga agar segera bergeser ke lokasi yang lebih aman,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu malam (11/3).

Sebagai langkah pencegahan, Iqbal mengingatkan agar masyarakat menyiapkan masker dan kacamata pelindung untuk mengatasi debu vulkanik. Selain itu, juga diharuskan mengetahui jalur evakuasi dan shelter yang telah disiapkan oleh pihak pemerintah.

“Kemudian siapkan logistik perorangan, antara lain makanan siap saji, lampu senter dan baterai cadangan, uang tunai yang cukup serta obat-obatan,” urainya.

Polda Jateng juga mengimbau, agar masyarakat tidak berada di lokasi yang direkomendasikan untuk dikosongkan, termasuk pendaki dan penambang pasir. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak berada di lembah atau daerah aliran sungai, karena berpotensi terlanda bahaya lahar dingin apabila hujan.

"Terakhir, kami menghimbau warga untuk mengenakan pakaian tertutup yang melindungi tubuh seperti, baju lengan panjang, celana panjang, dan topi," tuturnya.

"Jangan mudah termakan berita hoax  dan selalu mematuhi anjuran yang diberikan oleh pemerintah, petugas TNI dan Polri serta pihak berkompeten lainnya," imbuhnya menutup. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA