Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamiluddin Ritonga: Keluarga Jokowi Bentuk Kaesang Tertarik Dunia Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 25 Januari 2023, 17:29 WIB
Jamiluddin Ritonga: Keluarga Jokowi Bentuk Kaesang Tertarik Dunia Politik
Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga/RMOL
rmol news logo Ketertarikan Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik dianggap wajar, karena terpengaruh lingkungan  keluarga yang masuk ke dunia politik. Sebab, selama ini lingkungan keluarga Kaesang berkecimpung di dunia politik.
Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa adeknya Kaesang memiliki minat masuk dunia politik. Ketertarikan Kaesang itu bikin keluarga Presiden Jokowi kaget.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga berpendapat, Kaesang kesehariannya melihat ayah, kakak, dan kakak iparnya intens di dunia politik. Aktivitas politik secara langsung menularkan hasrat masuk dunia politik kepada Kaesang.

"Jadi, keluarga Presiden Joko Widodo membentuk Kaesang tertarik ke dunia politik. Hal itu kiranya terjadi secara alamiah," demikian pandangan Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (25/1).

Bacaan Jamiluddin, peluang Kaesang di dunia politik tentu tetap terbuka. Sebab, sokongan sang ayah, kakak, dan kakak ipar akan memudahkan Kaesang berkarier di dunia politik.

Dalam pandangan Jamiluddin, peluang semakin besar disaat sang ayah masih presiden. Sebab, berbagai kemudahan akan diperolehnya saat berkarier di dunia politik.

"Setidaknya karier politiknya dapat dimulai dari wali kota Solo. Ia bisa menggantikan sang kakak Gibran sebagai wali kota," pungkas Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA