Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Ada Incumbent, Kompetisi Pemilu 2024 Bakal Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 14 Januari 2023, 20:30 WIB
Tak Ada Incumbent, Kompetisi Pemilu 2024 Bakal Ketat
Peneliti Utama Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Siti Zuhro/Net
rmol news logo Pelaksanaan pemilu dan pilkada yang dilaksanakan serentak pada tahun 2024 mendatang diprediksi memiliki suhu politik yang cukup tinggi. Peneliti Utama Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Siti Zuhro melihat potensi itu lantaran tak ada incumbent pada kontestasi politik mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Pilpres dan Pilkada akan dilaksanakan serentak pada 2024, dan tentu saja tarikan politiknya akan luar biasa," ujar Siti Zuhro dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/1).

Selain itu, dosen magister politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini juga memprediksi kontestasi Pilpres bakal diisi oleh capres-capres baru, sehingga eskalasi politik akan berbeda dari Pemilu 2019 yang masih diikuti oleh incumbent.

"Kompetisi kontestasi diprediksi bakal ketat karena tidak ada incumbent," demikian Siti Zuhro menambahkan.

Pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan dibarengi dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang digelar pada 14 Februari 2024.

Sementara, untuk pencoblosan Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota akan dilaksanakan pada November 2024. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA