Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polda Lampung Gelar Peningkatan Kemampuan Dai Kamtibmas untuk Cegah Radikalisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 22 Juli 2022, 08:48 WIB
Polda Lampung Gelar Peningkatan Kemampuan Dai Kamtibmas untuk Cegah Radikalisme
Peningkatan kemampuan dai kamtibmas Polda Lampung cegah radikalisme/Ist
rmol news logo Berbagai upaya dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran radikalisme, salah satu cara yang dilakukan jajaran Polda Lampung yakni dengan menggelar kegiatan peningkatan kemampuan dai kamtibmas se-Provinsi Lampung.

"Kegiatan dibuka oleh Wakapolda Lampung, Brigjen Subiyanto. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga harkamtibmas yang kondusif di wilayah Provinsi Lampung," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad dikutip dari Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (22/7).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 20 dan 21 Juli 2022 di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung. Peningkatan kemampuan dai kamtibmas tersebut menghadirkan sepuluh orang pemateri.

Ada 100 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, 73 orang di antaranya perwakilan Dai Kamtibmas se-Provinsi Lampung, 25 orang perwakilan Bhabinkamtibmas jajaran kewilayahan, dan dua orang perwakilan dari Direktorat Binmas.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan kemampuan para dai kamtibmas yang mampu memberikan bimbingan dan penyuluhan melalui pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat melalui jalur agama," kata dia.

Pandra menambahkan, kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para dai kamtibmas Polda Lampung sehingga dapat mengetahui dan memahami tugas, fungsi, dan peranannya sebagai penyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran.

Amanat Kapolda yang disampikan oleh Waka Polda Lampung, lanjut Pandra, ideologi negara adalah pancasila yang sangat menekankan kerukunan antarumat beragama dan Indonesia, bahkan menjadi contoh bagi bangsa-bangsa di dunia dalam mengelola keragaman budaya dan agamanya.

"Satu ancaman terbesar yang dapat memecah belah bangsa kita adalah konflik berlatar belakang agama. Oleh karena itu, mohon pada kegiatan peningkatan kemampuan dai kamtibmas Polda Lampung disimak apa yang disampikan para narasumber untuk menjadi bekal penyuluhan di kewilayahan nanti," kata dia lagi.

Kegiatan turut dihadiri oleh Kemenag Provinsi Lampung, Irwasda Polda, Dir Binmas Polda Lampung, PJU Polda Lampung, para narasumber peningkatan kemampuan dai kamtibmas, Ketua Dai Kamtibmas Polda Lampung, dan para peserta dai kamtibmas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA