Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunung Anak Krakatau Erupsi 2 Kali, Kolom Abu Mencapai 1,5 Km

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 22 April 2022, 08:57 WIB
Gunung Anak Krakatau Erupsi 2 Kali, Kolom Abu Mencapai 1,5 Km
Gunung Anak Krakatau erupsi dua kali pada Jumat, 22 April 2022/Net
rmol news logo Gunung Anak Krakatau kembali meletus dua kali hari ini, Jumat (22/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dalam laman magma.esdm.go.id sebagaimana dikutip Kantor Berita RMOLLampung mengabarkan, letusan pertama terjadi pada pukul 00.49 WIB.

Ketinggian kolom abu sekitar 500 meter di atas puncak atau sekitar 657 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 79 detik.

Sementara erupsi kedua terjadi pukul 02.37 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1500 m di atas puncak atau sekitar 1657 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 45 detik.

Rekomendasi yang disertakan adalah masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah.

Sehari sebelumnya, Kamis (21/4) Gunung Anak Krakatau juga mengalami erupsi pada pukul 06:23 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau sekitar 957 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 75 detik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA