Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wajar Kepercayaan Rendah, Parpol Tidak Peka Kesulitan Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 05 April 2022, 14:56 WIB
Wajar Kepercayaan Rendah, Parpol Tidak Peka Kesulitan Rakyat
Pengamat politik Jamiluddin Ritonga/Net
rmol news logo Kepercayaan publik kepada partai politik (parpol) memang terbilang memprihatinkan. Kasus ini tidak bisa dilepas begitu saja dengan adanya sejumlah partai politik yang mewacanakan penundaan Pemilu 2024.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai bahwa kepercayaan masyarakat yang rendah terjadi karena partai tidak mampu memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Berbagai persoalan rakyat terkesan diabaikan parpol. Kasus minyak goreng misalnya, terkesan parpol pemerintah tidak berpihak kepada rakyat. Bahkan ada parpol yang justru mengkritik rakyat yang antre minyak goreng,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (5/4).

Jamiluddin menambahkan partai politik di Indonesia kurang sensitif dengan persoalan rakyat, sehingga wajar tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik rendah.

"Jadi, parpol dinilai tidak peka terhadap kesulitan rakyat. Akibatnya, parpol dinilai tidak aspiratif karena tidak memperjuangkan persoalan rakyat,” ucapnya.

Dia menambahkan agar moncer di Pemilu 2024 mendatang, partai politik harus mampu mendekati hati rakyat dengan menyerap dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Jadi, banyaknya sikap dan perilaku kader parpol yang tidak aspiratif, membuat rakyat tidak percaya kepada parpol. Sikap dan perilaku demikian seharusnya dijauhkan agar rakyat kembali percaya kepada parpol,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA