Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sepak Terjang Mendiang Haji Lulung, Melawan Ahok, Loncat Partai hingga Kembali ke Pangkuan PPP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 14 Desember 2021, 12:26 WIB
Sepak Terjang Mendiang Haji Lulung, Melawan Ahok, Loncat Partai hingga Kembali ke Pangkuan PPP
Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Abraham Lunggana atau Haji Lulung/Net
rmol news logo Kabar duka datang dari keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ketua DPW PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana atau lebih akrab disapa Haji Lulung tutup usia pada hari ini Selasa (14/12).

Politisi senior PPP yang juga tokoh Tanah Abang Jakarta Barat ini memiliki sepak terjang yang panjang dalam dunia perpolitikan Tanah Air.

Haji Lulung aktif di PPP sejak 2002 dan pernah aktif di Partai Bintang Reformasi (PBR) hingga 2004.

Selanjutnya, Haji Lulung kembali ke PPP hingga 2018. Ia pernah menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta saat era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kala itu, Haji Lulung terkenal kritis karena membela pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang dan melawan Ahok. Perseteruan antara Haji Lulung dan Ahok pun tak terelakkan mengenai berbagai persoalan perkotaan.

Perseteruan mulai memanas ketika Ahok menuding adanya mafia di Tanah Abang Jakarta. Saat itu, Pemprov DKI Jakarta gemar menggusur PKL.

Haji Lulung menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari 2014 hingga mengundurkan diri pada 2018. Haji Lulung sempat lompat ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada Pemilu 2019 lalu, Haji Lulung terpilih sebagai anggota Komisi VII DPR RI fraksi PAN. Dua tahun menjadi legislator di senayan, Haji Lulung memutuskan kembali ke PPP dan menjadi ketua DPW PPP DKI Jakarta pada 2021.

Hari ini, Haji Lulung tutup usia. Almarhum meninggal dunia siang ini sekitar pukul 10.51 WIB setelah sebelumnya mendapat perawatan intensif di RS Harapan Kita melawan serangan jantung. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA