Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas: Keberhasilan Samsat Digital Ditentukan Dukungan Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 09 Desember 2021, 13:28 WIB
Kakorlantas: Keberhasilan Samsat Digital Ditentukan Dukungan Masyarakat
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlintas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi/Net
rmol news logo Inovasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) berbasis digital dihadirkan sebagai wujud pelayanan dalam mempermudah masyakarat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Begitu dikatakan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlintas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pembina Samsat di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (9/12).

"Jadi sistem pembayaran menggunakan digital kan sekarang sudah jadi bagian kita sehari-hari. Jadi, bagaimana bisa berjalan baik, cepat dan masyarakat juga lebih mudah, lebih simpel," ujar Firman.

Keberhasilan implementasi Samsat Digital, kata Firman, akan ditentukan sejauh mana dukungan dan partisipasi masyarakat.

"Aplikasi ini perlu dukungan yang sangat mendasar, yaitu tertibnya data ranmor dan data pengemudi, ini yang tadi kami sampaikan," terangnya.

Firman menjelaskan, penerapan layanan berbasis digital ini, lantaran perkembangan era digital 4.0. Terlebih, masyarakat juga mengharapkan pelayanan pajak rammor berbasis online.

"Karena yang kita hadapi adalah kebutuhan masyarakat yang semakin naik. Karena nanti ke depan itu masyarakat menginginkan hal yang paling mudah, saya ambil hal yang paling gampang saja," katanya.

Masih kata Firman, pihaknya bakal bekerja sama dengan dua instansi lainnya. Kedua instansi tersebut adalah Jasa Raharja dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

"Jadi pelayanan ini yang kita bangun bersama stakeholder yang ada. Tapi tentunya perlu kesiapan semua, perlu satu visi," demikian Jenderal Bintang Dua Polri ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA