Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemnaker Gandeng FSPPG Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi untuk Keluarga Pekerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 21 Agustus 2021, 22:55 WIB
Kemnaker Gandeng FSPPG Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi untuk Keluarga Pekerja
Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI-Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri/Repro
rmol news logo Cakupan vaksinasi Covid-19 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia diperluas oleh berbagai stakeholder, yang tujuangnnya ntuk mempercepat terciptanya herd immunity alias kekebalan komunal.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu bentuk keterlibatan mempercepat terciptanya herd immunity dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan menggadeng Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K-Sarbumusi, dengan sasaran vaksinasi adalah keluarga para pekerja di sektor esensial.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI-Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri, menyatakan rasa bangganya kepada FSPPG K- Sarbumusi yang memiliki inovasi dan kreatif dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi para keluarga pekerja serta penduduk sekitar.

Hal itu diutarakannya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi 500 orang keluarga pekerja Panasonic Gobel, yang dilakukan oleh Federasi FSPPG K-Sarbumusi di Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas FSPPG-K Sarbumusi, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (21/8/2021).

"Hari ini saya menyaksikan secara langsung proses vaksinasi yang diinisiasi oleh FSPPG K-Sarbumusi dengan memprioritaskan keluarga pekerja Panasonic Gobel," kata Putri dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (21/8).

Putri mengatakan, sesuai dengan arahan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 nasional, pihaknya akan terus mendorong Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) perusahaan untuk dapat mengupayakan vaksinasi bagi para pekerja dan keluarganya.

"Selain lewat perusahaan, vaksinasi bagi pekerja atau serikat pekerja dapat  dilakukan melalui perusahaan yang bekerjasama dengan Kadin," katanya.

Putri juga menjelaskan, upaya mencapai herd immunity ini tidak hanya pekerjaan dari pemerintah, tapi juga ada kontribusi pengusaha dan juga dari pekerja melalui Serikat Pekerja.

"Melalui program vaksinasi ini diharapkan akan dapat membangun herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat  terhadap Covid-19," ujarnya.

Untuk mencapai tujuan dari vaksinasi, Putri mengajak semua pihak untuk berikhtiar melawan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja.

Sementara itu, Sekjen DPP K-Sarbumusi, Eko Darwanto mengatakan, program vaksinasi kali ini bukan ditentukan hanya dari pekerjanya, tapi pekerja yang ada di rumah harus juga diperhatikan kesehatannya dari Covid-19.

"Vaksinasi ini menitikberatkan kepada keluarga pekerja, sehingga herd immunity-nya bisa kita bangun melalui dua sisi, yaitu pabrik dan rumah tangga," katanya.

Eko Darwanto juga menginginkan pemerintah bisa memberikan penegasan kepada serikat pekerja untuk melakukan vaksinasi, yang tentunya dengan didukung melalui Kemnaker sebagai central point-nya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA