Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menaker: K3 Elevator Penting Dipahami untuk Cegah Kecelakaan Kerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 23 Oktober 2023, 15:50 WIB
Menaker: K3 Elevator Penting Dipahami untuk Cegah Kecelakaan Kerja
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah/Ist
rmol news logo Pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki tenaga kerja dan masyarakat, guna mencegah terjadinya bahaya dan kecelakaan kerja pada elevator.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan, pemahaman K3 elevator harus terus diberikan baik kepada perusahaan maupun masyarakat pengguna elevator, mengingat adanya potensi bahaya dan kecelakaan kerja dalam penggunaan elevator.

Hal tersebut disampaikan Ida Fauziyah pada acara Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bahaya dan Pencegahan Kecelakaan Kerja Pada Elevator, di Pakuwon Tower, Jakarta Selatan, Kamis (19/10).

"Pemahaman mengenai potensi bahaya dan pencegahan kecelakaan pada elevator yang terpasang di tempat kerja sangat penting untuk menghindari ketidaknyamanan maupun dampak fatality," kata Ida dalam keterangan tertulis, Senin (23/10).

Disampaikan Ida, saat ini penggunaan elevator
menjadi elemen yang tidak terpisahkan dari adanya gedung bertingkat pada apartemen, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hingga rumah tinggal.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah telah mengatur secara administratif maupun teknis mengenai pelaksanaan K3 Elevator dan Eskalator melalui Peraturan Menteri 6/2017.

Dalam Permenaker tersebut, salah satu kewajiban saat pemakaian Elevator adalah melakukan pemeriksaan dan/atau pengujian yang meliputi pemeriksaan pertama, berkala, khusus dan ulang.

Adapun, pemeriksaan dan/atau pengujian berkala dilakukan paling sedikit 1 tahun sekali yang dilakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaan Spesialis dan/atau Ahli K3 bidang Elevator dan Eskalator.

"Saya mengajak pengelola gedung yang menyediakan elevator agar dapat melakukan pengawasan dan perawatan secara berkala, serta menyediakan petunjuk penggunaan di setiap unit," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA