Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembali Bertemu, Modi Undang Paus Fransiskus ke India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 17 Juni 2024, 02:18 WIB
Kembali Bertemu, Modi Undang Paus Fransiskus ke India
Perdana Menteri India Narendra Modi bertemu Paus Fransiskus di sela KTT G-7 di Apulia, Italia.
rmol news logo Perdana Menteri Narendra Modi mengundang Paus Fransiskus untuk berkunjung ke India dalam waktu dekat. Undangan itu disampaikan Modi secara langsung ketika bertemu dengan Paus di sela KTT G7 di Apulia Italia.

Modi mengabarkan kepada dunia mengenai pembicaraan dan undangannya untuk Paus Fransiskus di akun X miliknya.

“Bertemu dengan Paus Fransiskus di sela-sela KTT @G7. Saya mengagumi komitmennya untuk melayani manusia dan menjadikan planet kita lebih baik. Juga mengundangnya mengunjungi India. @Pontifex,” tulis Modi.

Modi telah bertemu Paus Fransiskus pada tahun 2021 di Vatikan, di mana keduanya membahas berbagai masalah termasuk wabah Covid-19. Dia adalah perdana menteri pertama yang bertemu dengan Paus petahana yang menjadi kepala Gereja Katolik pada tahun 2013.

Itu juga merupakan pertemuan pertama antara Perdana Menteri India dan Paus sejak Juni 2000, ketika mendiang Atal Bihari Vajpayee mengunjungi Vatikan dan bertemu Paus Yohanes Paulus II.

Dalam pidatonya di KTT G7, Paus Fransiskus menantang para pemimpin negara demokrasi kaya di dunia untuk mengutamakan martabat manusia dalam mengembangkan dan menggunakan kecerdasan buatan, serta memperingatkan bahwa teknologi canggih tersebut berisiko mengubah hubungan manusia menjadi sekadar algoritma.

“Kita akan mengutuk umat manusia menuju masa depan tanpa harapan jika kita menghilangkan kemampuan manusia untuk membuat keputusan tentang diri mereka sendiri dan kehidupan mereka, dengan membuat mereka bergantung pada pilihan mesin,” kata Paus seperti diberitakan AP.

“Tidak boleh ada mesin yang memilih untuk mengambil nyawa manusia,” tambahnya.

“Terserah setiap orang untuk memanfaatkan (AI) dengan baik, tetapi tanggung jawabnya ada pada politik untuk menciptakan kondisi agar penggunaan yang baik tersebut dapat dilakukan dan membuahkan hasil,” kata Paus.

Perdana Menteri Modi mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

KTT G7 berlangsung di resor mewah Borgo Egnazia di wilayah Apulia Italia pada 13-15 Juni. PM Modi menghadiri KTT tersebut atas undangan PM Italia Giorgia Meloni. Ini merupakan kunjungan luar negeri Modi dalam masa jabatan ketiganya sebagai perdana menteri. rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA